Mentari Berangslup Redup

Pagi yang tak begitu cerah. Aku duduk disebuah ayunan berkarat taman kota. Melihat awan yang kian berkejaran. Mega merah mewarnainya.

“Ada apa ?” Tanya Rifa
“Awan itu melayang, terbang tanpa dosa. Aku ingin sepertinya.”
“Kau dapat menjadi sepertinya, suatu saat nanti.”
“Aku mengamininya, dan Tuhan meng-ACCnya.”

Tuhan, ijinkan aku memeluk awan. Panasnya bumimu membakar kulit usamku. Apakah dengan memeluk awan mendung itu dapat mendinginkan tubuhku ?

Tak kurasa seharian aku duduk dan hanya memangdang awan yang kian menari. Mentari beradu dengan awan menyela agar sinarnya sampai ke bumi. Sore itu, awan menghitam, emntari berangslup redup. Awan mendung mendominasi ribuan meter persegi langit Indonesia. Tuhan menurunkan beban awan berupa hujan. Masih duduk di ayunan berkawat. Membiarkan tubuh ini basah dan ayunan itu lapuk. aku hanya ingin bertanya pada Tuhan.

Bila hujan saja bisa mengurangi beban awan, apakah hidup manusia dengan beban berkubik-kubik ini tak mampu melepaskannya ? Walau hanya dengan air mata ?

Sejenak petir membangunkanku dalam lamunan lama itu. Aku beranjak dari ayunan yang hampir lapuk. membiarkan hujan memakannya dan menghancurkannya. Aku berteduh di bawah pohon yang lumayan besar disana. Aku meratapi ayunan karat itu.

Tuhan, hatuskah manusia seperti ayunan itu ? lapuk karena masalah orang lain ? serapuh itukah, membiarkan dirinya hancur karna masalah sepele. Hidup ini mudah ditebak, antara bisa bertahan hidup atau mati sia-sia.
Hujan kian berhenti setelah pohon dan taman ini terbanjiri air asamnya.

“Puas Ya Tuhan ? Beginikah rizkimu ? Terimakasih ! Dingin, tak sepanas tadi.”

Tuhan menerima rasa terimakasihku dengan pelangi indah. Aku rindu ini, belaian kasihmu Ya Tuhan. Ketika langit makin mendung dan mentari berangslup redup, aku masih meyakini adanya anugrah dalam hidup manusia yang begitu mudah ditebak bahkan lebih mudah dari lamaran cuaca.

Mentrai berangslup redup. Tuhan memberiku mentari hangat esok hari, dan langit mendung untuk mendinginkan hidupku.

hwpArt-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s