Jum’at kemarin

Hari itu begitu melelahkan. Hari yang panjang bagiku tapi entah bagi yang lain. Jika yang lain sudah membuat PM BBM “TGIF” tapi bagi saya semua hari sama saja, sekalipun besoknya adalah hari libur. Seperti hari Jum’at biasanya, sekolah dan tutor yang menyita waktu lebih dari 8 jam dalam sehari. Dengan pelajaran yang sama, suasana sama, serba sama. Semuanya berjalan monoton kecuali hari libur.

Tepatnya hari itu, kemarin Jum’at saya dan segelintir teman-teman yang pro dengan saya, bermain bersama sepulang tutor sekolah. Kami bersenda gurau bersama junior di organisasi kami, kami menyebutnya CaDA. Berkedok acara latihan public speaking untuk mempersiapkan diri bagi para CaDA saat tibanya acara Gladian Pimpinan Sangga Tegak akhir bulan Oktober nanti. Well. Saya dan teman-teman diamanati untuk memimpin latihan PS di setiap kelompok. Dan saya mendapat kelompok yang entah ke berapa, namanya apa, tapi yaa sudahlah anggap saja kelompok belgedezzwkwkwwk~~

Perlu diketahui setiap kelompok terdiri dari 6 orang junior dan 3 senior. Dan saya kebetulan bertemu dengan salah satu laki-laki. Namanya Roy, panjangnya Royan, lengkapnya Royan Muhammad Devi Prasetyo. itupun jika saya tidak salah melihat namanya yang tertulis di kokard peserta PBRC (Padma Birawa Roverscout Competition) minggu lalu.

IMG_20151023_221031

Namanya Roy panjangnya Royan. Ternyata bukan cuma adik kelas SMA, tapi dia juga berasal dari SMP yang sama dengan saya. Hai Roy! Selamat menapaki rimba sempit bernama SMANSAKLATEN!

Weitss, bukan modus bukan ngeksis. Jadi kemarin Jum’at juga bukan cuma cari kesempatan buat foto sama dedek gemez wakaka. Entah mengapa, akhir-akhir ini saya hendak berfoto dengan orang-orang baru yang saya temui. Siapa saja, lalu hendak saya tulis kesan terhadapnya. Lucu? Iya memang. Konyol? Sangat konyol. Tapi biarlah. Siapa sangka jika setahun, 3 tahun, 10 tahun setelah ini saya akan tertawa sendiri karena membaca dan melihat foto itu. Saya begitu cantik dan manis!

Oya, bukti kalau saya bukan modus yee. Saya juga mengabadikan sedikit wajah-wajah kluwuk, lepek, atau jika kata orang wajah gorengan bakwan, berminyak wkwkw. Tapi yaa sedikit lah kita melepas rasa kangen. Btw kita juga pemanasan buat foto BTS organisasi. Wkwkw

20151023_170034

Dan satu lagi, pertemuan yang jarang kita lakukan setelah banyak kali kesempatan yang sia-sia. Setelah pembicaraan soal laki-laki, pacar, bahkan calon suami berganti menjadi jalur penerimaan maba, interval nilai Kurtilas, sistem pendidikan yang morak-marik, sampai paranoid terhadap kemampuan diri sendiri. Bahkan jarang kami temui senyuman-senyuman lucu lagi amburadul. 

20151023_170046 Sekalipun itu hal tersulit, kami pernah menangis. Tapi entah mengapa saat yang satu menangis, yang lain tidak. Sederhana saja, mungkin yang menangis sudah bosan dengan kebahagiaan, kemudian yang tertawa masih hendak beranjak dari duka yang lama.

20151023_170115

20151023_170103

Tapi, bagaimanapun Jum’at sore kemarin adalah Jum’at yang sama. Di mana saya masih di-wejangi guru-guru saya soal masa depan dan pemetaan. Di mana saya masih mengenakan seragam yang sama dengan Jum’at kemarin, minggu lalu, sebulan lalu, setahun bahkan dua tahu lalu.  Di mana saya kemarin masih menyebutNya dalam do’a sebelum pelajaran mulai seperti saat pertama kali saya duduk di bangku Taman Kanak-Kanak Aisyah 12 tahun silam. Jum’at yang sama, selalu sama. Jum’at kemarin.

20151023_170209

Berjilbab coklat namanya Tiyas, berkacamata cantik namanya Hera, mlongo imut namanya Grace, dan yang sipit berjilbab hitam namanya Asti. Gadis-gadis selo dan solo~

Seperti apapun juga, Jum’at kemarin adalah Jum’at yang sama sebelum aku mengenal sosokmu, dia, mereka hingga bisa disebut “kita”. Orang-orang yang sama yang kutemui, kusapa, kucaci, kumaki, dan kupuja dan puji. Orang-orang yang sama tertawa kemarin, kemarin lusa, minggu lalu, atau sebulan lalu walau tertawa bukan denganku. Orang-orang yang sama yang kelak mungkin akan mananti kepulanganku entah dari mana. Sama halnya, orang-orang yang sama yang kunanti kedatangan mereka dalam hari bahagia yang sama. Jum’at kemarin.

Di atas tanah lapangan sekolah menengah atas

bersama gadis-gadis dan banyak kawan tercinta lainnya

Jum’at yang menyenangkan, Jum’at kemarin

Klaten, 23 Oktober 2015

Advertisements

2 thoughts on “Jum’at kemarin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s