#literasiuntuknegeri

image

Book Fair SMANSA 2016

Hari ini, Minggu 22 Mei 2016 SMA Negeri 1 Klaten mengadakan acara Book Fair SMANSA 2016 yang merupakan tindak lanjut dari budaya baca dan literasi sekolah. Acara ini dilaksanakan di kawasan Jl. Pemuda Tengah Klaten bertepatan dengan Car Free Day.

Konon persiapan sudah dimulai sejak usai Subuh. Tim Literasi SMANSA yang terdiri dari beberapa guru serta murid, menyiapkan segala macam yang semestinya dipajang nanti. Tidak hanya menampilkan buku-buku koleksi perpustakaan sekolah, Book Fair kali ini juga mempersembahkan hasil karya literasi tiap kelas berupa sinopsis dari hasil baca murid yang sudah dibukukan. Ada pula penampilan dari band saklaband yang menghibur. Tak lupa ada pula penampilan musikalisasi puisi oleh adik kelas.

Acara ini disambut antusias oleh beberapa orang yang sedang berolah raga, jalan-jalan, atau sekadar lewat saat CFD. Banyak juga anak kecil yang tertarik dengan pajangan buku yang lumayan banyak. Terdapat novel, cerpen, kumpulan puisi, buku sastra, politik, fiksi, dll. Hari ini, setelah lama vakum membaca buku fiksi, puisi, dan semacamnya juga vakum nulis sastra, saya tergugah hati untuk kembali melanjutkan perjalanan imajinasi yang sempat berhenti semenjak Ujian Nasional kemarin.

Jadi, selamat buat Tim Literasi SMANSA yang berhasil mengadakan acara Book Fair SMANSA 2016 yang kece, keren, gaul, santai, dan gak lupa kuucapkan selamat mengenal penulis-penulis yang berumur panjang karena buku-bukunya yang keren. Oya, selamat buat adik kelas yang sempat merasakan indahnya baca buku sastra, fiksi, novel, kumcer, dll dari penulis kenamaan tanpa harus susah-susah pinjem ke perpusda yang angker atau harus ngumpulin duit jajan sampe bisa beli. Eh pas sampe di toko buku, buku incaran dah habis *akubanget*😂. Dijaga baik-baik bukunya. Jangan jadi klepto mania. Karena saya pun tahu, bahwa buku-buku itu sangat mahal, dan isinya pun sangat mengagumkan. Ya kalaupun kalian penasaran sama harganya bolehlah dicek di toko buku. Bisa buat nonton bioskop sama pacarmu tuh.

Yuk, sukseskan budaya baca dan literasi di lingkungan kita! Ayo budayakan membaca buku non pelajaran 15 menit sebelum belajar, sebelum tidur, dan menulis apapun yang bermanfaat.🙋

image

Baca IEP bareng Bu Tantri penggagas Literasi Sekolah

image

L for Literacy

image

Duet IEP dan Anak Bangsa

image

Para pejuang Literasi Sekolah. Dibelain sampe Jakarta. Semangat, Bu!

image

Boleh baca kutipan di belakang

image

Berbagi ilmu tak kenal usia, waktu, dan apapun. Yang terpenting bermanfaat

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari” – Pramoedya Ananta Toer

image

Cinta tak sesederhana api menjadi abu. Cinta lebih rumit dari itu. Tapi karena kau menulis, aku jadi lebih mencintaimu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s