NICE SUNDAY

Hari ini Hari Minggu, dan semua orang tahu itu. Sebagian Klaten cukup cerah tanpa awan. Pepohonan mekar hijau melambai, menari ketika angin merayu. Burung gereja saling berkejaran, terbang, hinggap lalu terbang lagi. Matahari cukup gagah menampakkan diri. Sadar bahwa semua makhluk di Bumi selalu menantikan kelahirannya dari ufuk timur. Aku tertidur cukup singkat. Pukul 01.04 aku baru bisa terlelap. Aku tidak melaksanakan ibadah puasa hari ini, maka tak ada kewajibanku untuk bangun sebelum Subuh untuk Sahur maupun menjalankan Shalat Subuh. Aku tidur begitu nyenyak hingga sekitar pukul 07.36, dan masih berada di atas tempat tidur selama satu jam kemudian. Pekerjaan pertamaku adalah menjemur pakaian. Kemudian aku beristirahat sambil bermain telepon pintar. Bosan menghampiriku, aku beralih membaca buku. Waktu menunjukkan pukul 11.16, tak ingin disebut malas mandi oleh Ruri, aku bergegas menyalakan pompa air untuk mengisi bak mandi. Pukul 12.10 aku selesai mandi pagi. Tak lupa aku menyantap sarapan kemudian. Klaten cukup panas hari ini.

Hari ini Hari Minggu dan semua orang tahu itu. Hari ini begitu NICE karena banyak kutemui berita menarik, kejadian unik, dan pikiran yang pelik. Dan kuakui bahwa akhir-akhir ini selepas membaca novel Karya Sir Arthur Conan Doyle yang terkenal itu, banyak pemikiranku yang cukup berubah atau terpengaruh. Semakin kutemui kebiasaan-kebiasaan pada kehidupanku, semakin otakku berpikir yang aneh-aneh. Mungkin aku memang mulai berubah kepada kecenderungan pada keanehan. Wkwkw.

Pukul 08.45

Ketika aku menjemur pakaian, tetangga sebelah rumahku melakukan hal yang sama. Tapi pakaian yang dijemurnya adalah pakaian bayi milik cucunya. Berbeda dengan cucianku yang lebih kering karena mesin pengering, cucian milik tetanggaku itu lebih basah, air menetes dengan derasnya meskipun sudah terlebih dulu diperas. Warna-warni dan bermotif lucu, berbeda dengan cucianku yang dominasi kemeja, kaos, dan celana casual. Ibuku berkata pada tetanggaku yang menjemur baju cucunya itu.

“Dikeringke wae, ben cepet garing. Ojo percoyo tahayul. Bayine mubeng-mubeng nek klambine digaringke.”

“Lah wes biasa kok, Bu.” Jawab tetanggaku tadi.

Aku baru mendengar perihal tahayul bayi akan berputar seperti bajunya yang berputar di mesinpengering. Lucu memang, tapi tahayul ini sudah cukup membuat tetanggaku susah payah menjemur baju cucunya sepanjang hari agar kering sempurna. Andai tahayul itu benar, aku membayangkan seorang bayi berputar-putar ketika bajunya berputar di mesin pengering. Betapa mengerikan wkwkw.

10 Juni 2016. Pukul 08.00-10.05

IMG_20160414_150303

Ya beginilah kalau udah ngumpul. Maafkan wajah kami yang konyol. Bersama Swasti Niramaya 🙂

Aku sedang mengirim kalimat selamatku pada salah satu temanku SWASTI NIRAMAYA melalui WhatsApp tentang keberhasilannya menjadi bagian dari Houston Community College, di Texas. Sahabat seperjuangan saat menempuh pelatihan kepramukaan ini akan menempuh belajarnya jauh dariku, huhu. Meskipun ia juga telah mengikuti serangkaian tes masuk PTN. Namun, saat kutanya padanya ia akan tetap mengambil Liberal Arts and Science-nya di Texas. Ia sempat sedikit kecewa karena tak mampu menembus University seperti salah satu teman angkatan kami Wisnu (siswa kelas akselerasi yang lolos di Princeton University, New Jersey) karena nlai TOEFL-nya kurang dari standar minimal.

Tapi sebagai sohib sepergaulan, aku tetap memberi dorongan kepada salah satu teman multi talenta ini agar tetap percaya diri. Aku tetap mendorongnya untuk memilih yang terbaik baginya serta memberi semangat agar selepas pendidikannya di Houston Community College, ia akan meneruskan gelar sarjananya sebagai Bachelor of Arts dengan jurusannya komunikasi. Sungguh sohib yang keren. Mengingat aku dan Asti sama-sama nakal, sama-sama gokil, sama-sama nggak punya malu, sama-sama pemikir, sama-sama beruntung, dan sama-sama aneh. Aku pun sudah merncanakan reuni kecil selepas perantauannya di seberang belahan bumi. Kami berdua atau mungkin “Grup Menyik” akan berkaraoke bersama. Uhh, betapa lucunya kami besok. Hihihiii.

Pukul 12.44

Screenshot_2016-06-12-13-55-16

Perempuan istimewa. RURAT

Aku membuka akun instagram milikku, melihat-lihat postingan di timeline. Tak lama kutemui postingan salah satu guru SMAku. Bu Tantri namanya. Beliau mengunggah beberapa foto yang di-grid menjadi satu foto. Posting-an itu memuat beberapa foto blog milik RURAT, piagam penghargaan dari UNS, dan pastinya foto close up seorang RURI PUTRI KRISWANTO. Foto itu diunggah sekitar pukul 12.05. Dengan caption kebanggaan.

Aku pun turut bangga pada kawanku yang sama anehnya ini. Perempuan istimewa dengan tekad dan kemampuan yang luar biasa. Karena manusia ini pula aku mengenal menulis, sastra, blog, dan banyak hal menyenangkan lainnya. Gadis ini juga yang telah membuat lubang dalam (re: menulis dan membaca buku keren) sehingga aku terjebak di dalamnya. Hingga kini, seberapapun pencapaianku mengenai dunia tulis tetaplah tak sanggup mengunggulinya. Bagiku, RURAT lebih dari sobat aneh, lucu, dan doyan merindu. Rurat bagaikan guru yang terkadang meninggalkanku mencari jalan sendiri, tapi terkadang muncul untuk menengok perkembangan muridnya. Terima kasihku tak terhingga untukmu, dan rasa banggaku melebihi siapapun yang membanggakanmu. So lucky I could’ve known you, Rurat!

Baca karya ciamixnya yang telah membawanya pada kemenangan di Lomba Cipta Cerpen di FIB UNS di sini.

Hari ini Hari Minggu, dan semua orang tahu itu. Hari ini begitu cerah, langit Klaten tidak diselimuti awan, sehingga semua makhluk bisa menyapa langit sampai siang kini. Hari ini begitu menyenangkan, ketika aku bangun siang dan dunia masih menyapaku riang. NICE SUNDAY! Alhamdulillah.

Leave a Reply

