SPB [Part 1]: Kami Generasi Penerus Merah Putih!

Permainan terus berlanjut kawan. Perjalanan masih sangat panjang. Setelah Grand Opening, materipun diberikan. Berikut kiranya sedikit ingatan yang tertanam di hatiku.

Materi 1

Who am I?

Pertanyaan singkat dan sangat biasa. Oke, siapa berani jawab? Pasti macam-macam kan jawabannya? Ya, aku pun sama. Kemarin, untuk pertama kalinya aku menjawab, aku Hera. Kemudian Mas Hasan, menjelaskan bahwa materi kali ini soal kenali diri sendiri. Mengapa seorang penerus bangsa wajib mengenali dirinya sendiri?

Setiap orang pasti memiliki jati diri, identitas, dan ciri khas. Namun, tidak semua paham akan itu semua. Di sini, kami para siswa SPB adalah seorang mahasiswa. Di mana letak kami sebagai mahasiswa? Terkadang mahasiswa telah menggantung identitas diri mereka lebih tinggi. Karena mahasiswa ialah seorang Maha.

Tapi perlu diketahui bahwa setiap manusia pasti memiliki SWOT. Nah ketahuilah SWOT kalian, maka kalian akan bisa memetakan di mana letak dan porsi diri kalian. Mengapa kami perlu tahu akan melakukan apa besok? Mengapa kami perlu tahj di mana kami sekarang? Mengapa kami perlu tahu siapa diri kami? Silakan interprestasikan sendiri, tentu setelah kalian paham SWOT dari diri kalian.

Jadi, bayangkan jika seorang tidak paham dirinya, tidak tahu apa yang akan dilakukan besok, dan tidak mengerti di mana posisinya sekarang. Siapkah dia mengemban ribuan beban dari makmumnya?

Materi 2

Peran Mahasiswa

Mahasiswa? Kedengarannya seperti bergengsi, prestisius, dan tinggi. Tapi siapa yang berani berteriak ‘Hidup Mahasiswa!’ jika hanya sebatas uap di udara. Siapa yang berani mengepalkan tangan di atas dan berseru ‘Hidup rakyat Indonesia!’. Lalu, di mana implementasi dari semua itu?

Setiap manusia memiliki perannya masing-masing. Pun dengan Mahasiswa. Mahasiswa merupakan generasi yang sebentar lagi menyambung estafet kepemimpinan negeri. Di mana hari esok akan dibangun oleh generasi ini.

Untuk mencapai hal itu, seorang mahasiswa wajib mandiri, tidak bergantung siapapun. Berani berdiri seperti tiang yang bisa menyangga yang lain. Peka terhadap keadaan sosial, peduli bermasyarakat. Karena yang tentu ialah pemimpin lahir dari kepercayaan, yang mana kepercayaan itu akan dibalas dengan kerja dan pengabdian.

Mahasiswa juga sebagai agent of change yakni agen perubahan. Di mana bukan saatnya lagi meneruskan kesalahan lama, atau justru membuat kesalahan baru. Jika korupsi uang bagi mereka kalangan atas, maka korupsi kejujuran telah merasuk kalbu pelajar negeri. Belum selesai, moral apa kabar? Oleh karena itu, sangat perlu bagi masa depan mereka yang berbeda. Berbeda berarti mereka yang tidak terseret arus negatif. Melainkan mereka yang diterpa arus negatif tapi berdiri teguh seperti tiang yang kokoh. Dengan prinsip, usaha dan terpaan risiko. Tetaplah berdiri!

Materi 3

Mengapa penerus bangsa harus menulis?

Menulis adalah bukti kalian pernah berkarya, pernah hidup, dan pernah berusaha bermanfaat. Mengapa menulis? Karena orang besar dengan pikiran luar biasa lahir dari menulis. Mereka yang mampu menjatuhkan pembokat negeri adalah mereka yang menulis. Sumbangan terbaik Indonesia dari dunia menulis untuk dunia sudah banyak. Pramoedya Ananta Toer, yang terpenjara raganya tapi paling ditakuti karyanya. Soe Hok Gie yang bergerilya, mahasiswa jalan kiri, hidup di jalan demonstrasi.

Ketahuilah kawan, bahwa tirani terkuat berkat bungkamnya pers. Dan kini, siapa yang paling berpengaruh atau memberi pengaruh terkuat? Pers, Tulisan, Berita. Siapapun yang mendengar, melihat, atau membaca sebuah berita akan terdoktrin sebuah peristiwa dari sudut pandang sang penulis. Oleh karena itu mengapa Pers memiliki kode etik? Karena Pers bisa memengaruhi orang awam.

Maka, tak usah payah berteriak keras melawan penyimpangan. Tajamkan saja penamu, kuras pikiranmu, lebarkan hatimu. Karena kata-kata bisa lebih tajam dari pedang.

SPB 2016: Kami Generasi Penerus Merah Putih!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s