Memilih; Berdiri sebagai tiang atau sandaran?

Hidup ini kelabu, terkadang jelas tanpa babibu atau lebih sering buram abu-abu. Saya menyadari bahwa tidak setiap insan dapat memaknai setiap kejadian yang menimpanya. Misal, seorang teman yang memiliki kepribadian tertutup, jarang bersosialisasi, dan memiliki background kurang bagus. Di sini saya bukan seorang psikolog dan bukan seorang cenayang. Tapi di antara banyak teman dengan kepribadian menyenangkan, terlihat hanya saya yang berusaha mendekatinya, menerka bagaimana dia, dan memahami siapa dirinya. Dan saya gagal. Bukan karena saya berhenti di tengah jalan. Tapi karena banyak hal yang tidak perlu saya utarakan di sini. Dan kesimpulannya adalah, saya kurang bisa memaknai kondisi bahwa setiap manusia memiliki dark side yang hanya manusia itu dan Tuhannya yang tahu.

Saya menyadari bahwa menjadi tiang yang berdiri sendiri, kokoh, dan menantang langit tidaklah mudah. Gunung yang mengakar kuat pada akhrinya akan berguncang. Langit yang menggantung tinggi tanpa penyangga, pada akhirnya akan menurunkan hujan bahkan badai. Tapi bagaimana jika saya menjadi sandaran? Saya mungkin sudah mengalami beberapa kondisi yang menurut saya sulit. Dan dalam kondisi sulit tersebut, saya jarang membuka kesulitan itu dan berdiskusi dengan orang lain. Terlebih sering, saya mudah membujuk orang lain untuk berdiskusi mengenai masalahnya. Dan inilah titik sulit di mana saya harus bertindak sebagai sandaran, yang terkadang tidak saya inginkan. Tapi ketahuilah kawan, menjadi tumpuan tidak semudah motivator kondang bicara pengalamannya yang merupakan 99% keberuntungan nasib dari Tuhan, dan sisanya ialah usaha sebagai manusia murni. Bukan. Untuk berdiri di atas tanah ibu yang gersang ini, kutandai bahwa tiang mampu berdiri sendiri, menjulang tinggi, bermusuh angin dan harga diri. Sedangkan sandaran, tak perlu menjadi tinggi, tapi mengakarlah kuat sampai ke dasar bumi. Maka akan ditemui segala macam sendi pembentuk bumi, dan menujulah pada yang hakiki.

Leave a Reply

