Mengenai Waktu

Bagi sebagian makhluk waktu adalah kerugian, yang lain menganggapnya beban. Ada pula yang bilang waktu adalah pelari tercepat, pemotong paling sadis, pelindas paling tandas, pun juga anugrah paling indah. Ada yang menanti waktu sampai indah, ada yang mengejar waktu hingga ia lupa siapa pengatur waktu.

1465185285522 Aku bukan penghitung yang baik. Bukan pembicara yang ulung, apa lagi peneliti yang cermat. Tapi sekiranya aku suka mengingat peristiwa lucu, penting, dan menggelikan juga rentang waktunya. Aku mencintai angin yang hilir juga yang ribut. Aku mencintai waktu yang berlalu meskipun sarat rasa malu. Aku tak sabar menunggu waktu, tapi sering lupa terhadapnya.

Waktu tidak dapat diumpamakan seperti apapun, menurutku. Karena waktu tidak lebih kekal dari ingatan, tidak lebih asik dibanding perosotan anak-anak, pun tidak lebih indah dari pepatah “semua akan indah pada waktunya”. Waktu pun lebih menyenangkan untuk dihabiskan daripada sebatang coklat. Waktu lebih cepat dirasakan dianding micin di tenggorokan. Juga waktu lebih menyakitkan jika diisi kenangan buruk lagi susah dilupakan.

Tapi waktu adalah penjawab terbaik. Bisa jadi waktu adalah pembukti terakurat. Dan bagiku, waktu adalah cara Tuhan berkomunikasi dengan siapapun,  apapun, di manapun, soal apapun. Mengenai waktu, aku mencintainya tapi harus rela meninggalkan tanpa melupakan.

Waktu akan terus melaju dan memburu siapapun. Bersiaplah bermain waktu, maka bersiaplah bertemu dengan ketidakpastian. Karena waktu adalah ketidakpastian, seperti banyak orang meninggalkan sang pengatur waktu untuk memburu dunia yang fana~

Karena manusia akan menghargai waktu ketika ia sedang kesusahan

Klaten, setelah kebut-kebutan ngetik proposal

~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s