Hari Perayaan

Hari ini aku melihat banyak anak-anak di desaku, baik putri maupun putra terlihat berbeda. Yang putri terlihat cantik dengan setelan kebaya dan rok batik, yang putra mengenakan batik dan sarung. Lucu sekali wajah mereka ketika mengikuti upacara tadi pagi. Mereka menyanyikan lagu kebangsaan, lagu perjuangan, dan lagu yang menyiratkan bangga kepada salah satu perempuan Indonesia.
Ibu kita Kartini, putri sejati. Putri Indonesia, harum namanya

Selarik nada sumbang dengan lepas mereka serukan di depan kelas yang tak begitu bagus. Mereka bersalaman, kemudian menari di lapangan.

Hari ini menjadi hari perayaan, seorang pahlawan perempuan. Kartini. Ia menjadi pelopor kebangkitan perempuan Jawa untuk mengenyam pendidikan, sehingga perempuan tidak lagi lekat dengan dapur saja.

Di antara banyak pahlawan perempuan yang kubanggakan, Kartini selalj menjadi sosok kekuatan perempuan. Meskipun masih banyak panglima perang kerajaan di Indonesia yang besar namanya pada zamannya. Kartini selalu hadir dalam sebutan-sebutan pergerakan wanita. Kartini telah melahirkan digdaya bagi seluruh kaum perempuan.

Hari ini perayaannya, Raden Ayu. Terlalu sering kita simbolkan dengan kebaya bagi putri, dan beskap bagi putra. Namun, apakah kita temui semangat itu di balik sanggul yang kita kenakan? Di balik jahitan kebaya mahal sewaan? Di mana Kartini hidup di zaman ini?

Kalau kamu jadi Kartini, dan hidup di zaman ini, apa yang kamu lakukan?

Menulislah, karena Kartini pun didengar pemikirannya, hidup jiwanya, terkabul keinginan untuk memberi perempuan Indonesia jalan menuju kemajuan, karena menulis surat.
Menjadi Kartini

Di hari penuh kebahagiaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s